11 Nov 2014

” Dialog imaginer antara  ayah dan anak  “




” Ayah ” , teriak anakku yg sedang asik memainkan bonekanya sejak tadi , ” Apa cantik ” . Kayyis pun beranjak meninggalkan mainnya dan datang kepadaku . Ayah, kenapa namaku ada “Semesta” nya kenapa “Kayyis semesta keumala lesmana ” ? Pasti nama ku punya arti kan yah!! .
Sambil kucium gemes ku bilang sama dia ” Pasti dong cantik , kan nama adalah doa ” . Emangnya mau tahu arti nama kamu ? tanyaku balik?  Tanpa basa basi kayyis pun teriak ” Mauuuuuuuuuuuuuuuu ayah” .
Oke kalo gitu cium dulu pipi ayah dong . * Muach...muach...Kayyis pun langsung mencium ku dan dan duduk di pangkuanku  ”.

Nama kayyis sebenernya bunda yang kasih . Bundamu sebelum kamu lahir udah sibuk tuh cari buku buku tentang nama nama islami . Nah dari beberapa nama yang bunda kasih bunda minta pendapat ayah tentang nama nama yg tadi udah di pilih . Ayah dan bunda sepakat memilih nama kayyis untuk kamu .
” Emang artinya apa yah kayyis tuh ? ” , Kayyis bertanya dengan rasa ingin tahu yang dalam .
Kayyis sendiri secara bahasa berarti cerdas atau jernih pikirannya. Dalam hadist pun kata kayyis  mempunyai arti sbb:
  • Orang cerdas (Al-Kayyis) adalah orang yg mampu menahan hawa nafsunya dan orang yang mempersiapkan kematiannya  dengan amal-amal kebajikan.” [Shahih At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad]
  • “Orang yang paling banyak mengingat mati dan paling baik persiapannya untuk kehidupan setelah mati. Mereka itulah orang-orang yang cerdas.” (HR. Ibnu Majah no. 4259, dihasankan Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullahu dalam Ash-Shahihah no. 1384)
Oh  gitu ya yah . (Kayyis sambil manggut manggut sok ngerti ) .   Terus kalo “Semesta ” artinya apa yah?. Kalo kata " Semesta" sama "keumala" itu ayah yang kasih nama .

Sejarahnya gini , bundamu kan orang aceh , nah ayah kepingin kamu punya identitas ke acehan dari nama kamu.

Ceritanya ayah kan suka banget sama lagu lagunya iwan fals. Nah ada satu lagu yang judulnya “Malahayati ”. Menurut ayah selain lagunya enak, isi liriknya bagus tentang seorang pahlawan aceh yang memimpin perang dengan belanda. Nama " Semesta keumala " di ambil di penggalan lirik lagu itu. Kira kira penggalan liriknya seperti ini " Dia Perempuan Keumala Alam semesta restui " .

Selain di ambil dari Pahlawan laksamana malahayati dalam bahasa Aceh, Keumala itu dapat diartikan sebagai sebuah batu yang indah dan bercahaya, banyak khasiatnya dan mengandung kesaktian. (Poerwadarminto, 1989:414) .

Kalau lesmana itu diambil dari nama belakang ayah  .
Jadi nama “Kayyis semesta keumala lesmana ”  kira kira artinya :

Kayyis semesta : Orang yang  cerdas yang selalu mengumpulkan kebaikan , dengan kecerdasannya semoga bisa membantu & menolong semua makhluk Tuhan di alam semesta ini .
-  Keumala : Ayah ingin kamu menjadi wanita yang kuat ,  berjiwa baja , lantang membela kebenaran & kezaliman , ga takut mati membela agama dan negara .

Nah nak itu kira kira sejarah nama kamu kenapa bisa ” Kayyis semesta keumala lesmana ” . " Kayyis pun mengangguk dan tersenyum " .

Kayyis mendekat dan memelukku “terima kasih ayah atas namanya ” .   Sambil membalas pelukan nya ku bisikan dia ” I love u nak ” semoga kamu menjadi anak yg bisa membanggakan agama , keluarga dan negaramu .  Semoga lakumu sebagus arti namamu ya nak .






















Malahayati 
Perempuan Keumala
Lirik : Endang “Geunta Keumala” Moerdopo
Lagu: Iwan Fals
Ketika semua tangan terpaku didagu
Ragu untuk memulai segala yang baru
Lirih terdengar suara ibu
Memanggil jiwa untuk maju
Dari tanahmu hei Aceh
Lahir perempuan perkasa
Bukan hanya untuk dikenang
Tapi dia panglima laksamana jaya
Memanggil kembali untuk berjuang
Dia Perempuan Keumala
Alam semesta restui
Lahir jaya berjiwa baja
Laksamana Malahayati
Perempuan ksatria negeri
Tinggal kubur kini hening sepi menanti
Langkah langkah baru tunas pengganti
Hei Inong Nanggroe bangkitlah berdiri
Ditanganmu kini jiwa anak negeri
Dia Perempuan Keumala
Alam semesta restui
Lahir jaya berjiwa baja
Laksamana Malahayati
Perempuan ksatria negeri


Sedikit sejarah siapa itu laksamana Malahayati biar kamu tahu nak .

Malahayati adalah salah seorang perempuan pejuang yang berasal dari Kesultanan Aceh. Pada tahun 1585-1604 dia memegang jabatan sebagai Kepala Barisan Pengawal Istana, Panglima Rahasia dan Panglima Protokol Pemerintah dari Sultan Saidil Mukammil Alauddin Riayat Syah IV.


Malahayati memimpin 2.000 orang pasukan Inong Balee (janda-janda pahlawan yang telah tewas) berperang melawan kapal-kapal dan benteng-benteng Belanda tanggal 11 September 1599 sekaligus membunuh Cornelis de Houtman (seorang Belanda pertama yang menginjakkan kaki di Nusantara) dalam pertempuran satu lawan satu di geladak kapal, dan mendapat gelar Laksamana untuk keberaniannya ini, sehingga ia kemudian lebih dikenal dengan nama Laksamana Malahayati.


Bogor ,
23 Feb 2014 02: 00 Pagi

0 comments: