7 Dec 2014

Bukan hanya senang dan bahagia,masalah dan cobaan hidup adalah suatu rangkaian kehidupan yang setiap orang pasti pernah mengalaminya. Ada yang mudah sampai yang begitu rumit dan besar masalahnya, semua itu tergantung bagaimana kita menyikapinya . Dari mulai masalah keluarga, masalah keuangan, masalah cinta dan masalah masalah kehidupan dunia lainnya.

Sayangnya kebanyakan dari kita selalu memandang suatu masalah dari sisi negatif bukan positifnya. Setiap kita di timpa masalah banyak yang selalu mengeluh ini itu,stress marah marah, menyalahkan orang lain dan yang paling parah secara tak sadar kita meyalahkan Allah,“ Allah engga adil” , “Allah ga sayang sama aku”, “ Allah pilih kasih”, “ Allah jahat” dan banyak lagi kata kata yang seharusnya tidak boleh keluar dari mulut kita, nauzubillah maafkan hambaMU ini ya Allah.

Padahal kalau kita renungi dengan rasa sabar dan keikhlasan, semua itu akan terasa indah karena itu berarti Allah masih peduli dan sayang sama kita. Bukankah para Nabi juga tidak luput dari masalah bukan? .
Sesuai surat suratnya :

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,(94:5)“

“Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan baginya, agar Kami menguji mereka siapakah di antara mereka yang terbaik perbuatannya.” (18:7)

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami lah kamu dikembalikan.” (21:35)

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (2:155)

“Kami tiada membebani seseorang melainkan menurut kesanggupannya, dan pada sisi Kami ada suatu kitab yang membicarakan kebenaran, dan mereka tidak dianiaya.” (23:62)


Kalau kita renungkan surat suratnya di atas betapa Allah telah memberikan kita jawaban tentang bagaimana kita menyikapi suatu masalah. Pastinya akan sulit menerapkannya di kehidupan kita sehari hari , tapi selama kita selalu mau belajar, sabar dan ikhlas menghadapinya, saya yakin hikmah dan kebaikan akan kita raih nantinya.

Dari pada kita selalu berpikir negatif, mengeluh,marah marah,menyalahkan orang lain apalagi menyalahkan Allah saat kita menghadapi suatu masalah, kenapa kita tidak coba dengan kata kata sederhana “ Hey masalah besar.......aku punya Allah yang Maha Besar” , sungguh indah bukan?

Bogor 17 Mei 2009


“ Belajar Hidup untuk Hidup”

0 comments: