24 Sep 2015

via smkn2sumbawabesar.sch.id
Dulu dari SD hingga kuliah, yang namanya membaca buku adalah suatu hal yang sangat membosankan . Ya, saya tidak suka membaca buku. Tapi hal itu berubah setelah saya bekerja.

Ceritanya dulu dikantor sering dikirim artikel tentang motivasi, cerita inspirasi dan lain lain. Artikel dan cerita itu biasanya dikirim lewat email. Dan mereka bisanya dapet cerita tersebut dari sebuah milis. Dulu milis salah satu sumber informasi yang bermanfaat jauh sebelum ada facebook, twitter dan social media seperti sekarang ini.

Saking seringnya mendapat email yang berisi artikel dan cerita tersebut , ada beberapa artikel yang sempat saya baca. Dari situ saya mulai tertarik membaca. Tapi hanya sebatas membaca di email saja.
Setiap pagi saya mulai membaca email email dari teman saya itu. Artikel yang biasanya saya baca seputar kisah hidup dan percintaan .

Sejak itu saya sering mulai membacan . Dan titik baliknya adalah ketika saya mempunyai seorang pacar non muslim. Keingin tahuan saya terhadap agamanya dia membuat saya terus berusaha mencari referensi tentang agamanya dia . Dari membeli buku artikel di google, sampai sampai saya memberanikan diri membaca kitab sucinya.

Awalnya saya sempat ragu untuk membacanya. Tapi saya memberanikan diri untuk membaca alkitab itu. Butuh waktu 2 tahun saya menyelesaikan kitab suci umat nasrani ini.

Sejak saat  itu saya mulai tertarik membaca.Baca apa saja. Dari mulai  perbandingan agama, sejarah  , novel, buku buku motivasi, hingga novel . Dari situ saya merasakan manfaat dari banyak membaca tersebut.

Selain mendapatkan wawasan, membaca mengajari saya bahwa banyak hal yang sebenernya belum banyak saya ketahui.

Sampai saat ini saya masih merasa kurang akan ilmu, kurang akan informasi . Untuk itulah saya terus menerus berusaha untuk membaca dan belajar apa saja.

Tak salah Allah menurunkan ayat pertama dalam Al Quran dengan perintah " Iqra", bacalah. Selain itu Allah pun meninggikan derajat orang orang yang berilmu seperti dalam surat

Al-Mujadalah [58] ayat 11:
Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Jadi buat saya, selain mendapatkan ilmu serta wawasan , banyak membaca akan meninggikan derajat kita. Dan saya berfikir bahwa membaca itu bukan sekedar hobby, tapi sebuah keharusan.


24 Sept 2015
Belajar hidup untuk hidup


0 comments: