7 Mar 2016


Film bergenre drama ini mengangkat kisah nyata tentang kasus pelecehan sexual dan skandal oleh oknum Pastor Geraja Katolik yang sudah sekian kali terulang berpuluh-puluh tahun. 

Adalah Marty Baron ( Liev Schreiber ) editor baru yang menugaskan team yang bernama "SpotLight" untuk  menginvestigasi kasus tersebut. 


Spotlight sendiri merupakan sebuah tim kecil di sebuah surat kabar harian Boston Globe yang ditugaskan untuk meninvestigasi kasus kasus besar yang memakan waktu cukup lama. 

Team ini terdiri dari beberapa orang anatara lain : Michael Rezendes (Mark Ruffalo), Sacha Pfeiffer (Rachel McAdams) dan Matt Carroll (Brian d’Arcy James)  yang di pimpin oleh  Walter “Robby” Robinson (Michael Keaton ) sebagai pimpinan redaksi Spotlight.

Tak mudah bagi Spotlight untuk menginvestigasi dan membongkar skandal ini. Selain dari para korban yang sulit diwawancara dan cenderung menyimpan kasus ini, pengaruh keuskupan katolik terasa kuat dalam mengintervensi kasus-kasus yang menimpa pastornya . Ini terbukti dari kasus-kasus serupa yang tidak pernah tuntas dan berakhir ditengah jalan lalu terlupakan begitu saja.

Tapi dengan kepiawaian dan pengalaman team Spotlight yang sudah berpuluh-puluh tahun menangani kasus-kasus yang sulit, serta kerja keras dan sungguh-sungguh yang dilakukan semua team, akhirnya lambat laun kasus ini mulai menemukan titik terang. 

Michael Rezendes dan Sacha Pfeiffer ditugaskan untuk mewancara para korban yang kebanyakan mereka sudah besar dan berkeluarga. Kadang mereka sedih dan malu saat menceritakan kisah tersebut yang menimpa mereka saat mereka kecil dulu. 

Selain itu, team spotlight mewancarai pengacara dan pihak pengadilan yang pernah menangani kasus-kasus pelecehan yang dilakukan oleh pendeta untuk menemukan bukti-bukti dan titik terang. 

Setelah beberapa lama melakukan investigasi secara mendetail dari mulai menanyakan korban, mengorek informasi dari pengacara dan pengadilan serta membongkar arsip dan potongan berita yang sudah beberapa tahun diterbitkan, mereka akhirnya membongkar semuanya. 

Yang mencengangkan ternyata kasus seperti ini bukan hanya dilakukan oleh satu atau dua orang oknum pendeta saja. Tapi hampir 90 pendeta terlibat dalam kasus pelecehan sexual terhadap ini. 

Berita pun terbit dan membuat heboh kota Boston. Dan dari pengungkapan skandal ini, harian Boston Globe dianugerahi penghargaan Pulitzer. Dan setelah kasus ini mencuat ke media pada tahun 2002, di beberapa kota di belahan dunia pun terungkap kasus serupa yang dilakukan oleh oknum Pastor.



Film ini juga masuk dalam beberapa kategori Oscar 2016 . 

Trailer film Spotlight 2015




0 comments: