13 May 2016

Beberapa hari yang lalu, di gedung di mana tempat saya bekerja, tepatnya di gate mau masuk lift , saya dan teman saya menemukan sebuah gelang pernak pernik tergeletak di lantai. Awalnya saya tidak berniat untuk mengambilnya. Tapi setelah saya condongkan badan saya sedikit untuk melihat lebih jelas gelang yang terjatuh itu, saya melihat gelang tersebut terdapat ornamen salib lengkap dengan yesus sedang disalibkan. 

Saya ambil gelang tersebut, saya kantongi dan saya simpen di meja kerja. Alasan saya mengambilnya karena gelang tersebut terdapat salib dan yesusnya yang mungkin akan terinjak-injak oleh kaki orang yang lalu lalang. 

Meskipun saya muslim dan gambar salib tersebut identik dengan keyakinan kristen seperti  penyaliban yesus untuk menebus dosa manusia dll,  bukan berarti saya mengambilnya karena menyetujui apa yang  orang kristen yakini. Tapi lebih ke penghormatan simbol simbol keagamaan yang sepatutnya harus kita hormati. 

Sosok Yesus ini selalu menjadi perbincangan yang menarik. Jika Kristen berkeyakinan bahwa Yesus adalah Tuhan yang mati di tiang salib untuk mengapus dosa-dosa manusia dan juru selamat dunia, dalam Islam, Yesus atau Nabi Isa adalah seorang nabi yang diturunkan oleh Allah untuk menyampaikan risalahnya kepada umat yahudi dengan kitab injilnya untuk menyerukan menyembah Tuhan yang Esa Tuhan Allah Mu.  

Sama seperti risalah-risalah yang disampaikan oleh nabi-nabi sebelum Yesus, seperti Nabi Ibrahim, Ishak, Ismail, Daud, Sulaeman, Yunus,Yohanes atau Yahya serta Moses atau Musa yang termakdub dan banyak diceritakan di kitab Perjanjian  lama atau Taurat. 

Mereka-mereka itu adalah orang pilihan Allah, Seorang yang mulia, Nabi yang diberi tugas untuk menyampaikan risalah ketauhidan,  bahwasanya sembahlah tuhan yang satu yaitu Tuhan Allah seperti tertulis salah satunya dalam Markus 12: 29 

"Hukum yang terutama ialah : Dengarlah, hai orang Israel,
Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.” [Markus 12 : 29] "

Yesus atau Nabi Isa ini adalah salah satu nabi yang memiliki kedudukan tinggi dan termasuk dalam Ulul Azmi. Ulul Azmi sendiri adalah gelar yang diberikan kepada para rasul yang memiliki kedudukan tinggi karena ketabahan dan kesabaran yang luar biasa dalam menyebarkan agama.

Selain Nabi Isa, yang termasuk dalam nabi yang termasuk kedalam Ulul Azmi antara lain adalah Nabi Nuh,Ibrahim, Musa dan Nabi Muhammad SAW. 

Kita sebagai muslim harus mengimani semua nabi-nabi termasuk Yesus atau Nabi Isa . Karena salah satu rukun Islam adalah mengimani para nabi-nabi Allah. Meskipun terjadi perbedaan keyakinan dalam mengartikan sosok Yesus ini, kita sebagai umat muslim harus memuliakan beliau sesuai dengan yang diperintahkan Allah tanpa menuhankannya. Jangan pula kita mengolok-olok atau menghina para nabi dengan perkataan yang tidak terpuji termasuk Yesus sendiri. 

Biar dan cukuplah iman dan berkeyakinan kita yang berbeda. Tapi dalam berkehidupan dan berkemanusiaan kita harus tetap saling mengasihi dan menyayangi terhadap sesama tanpa melihat perbedaan agama, suku dan lainnya. 


Balik lagi tentang masalah gelang yang ada salibnya tadi, jadi teringat sama film Kingdom of Heaven. Film ini bercerita tentang sejarah masa perang salib antara pihak kristen dan muslim dalam menaklukan kota Yerusalem. 

Di film tersebut ada adegan dimana saat Saladin memasuki kota yerusalem dan berada dalam sebuah ruangan, beliau menemukan sebuah Salib yang terjatuh dilantai. Lalu beliau mengambilnya dan menaruhnya di tempat semula berada .  

Jadi intinya saya mengambil gelang salib yang ada gambar Yesusnya adalah karena takut gelang itu terinjak injak karena disitu ada gambar yesus yang dalam agama saya adalah seorang nabi mulia yang harus dimuliakan dan dihormati. 

Sekian 


0 comments: