6 Jul 2016

Chava adalah bocah 11 tahun yang sedang senang-senangnya bermain dengan teman sebayanya. Tapi hidup berkata lain. Setelah ayahnya pergi meninggalkan keluarganya, dia terpaksa membantu Ibu dan kedua adiknya mencari nafkah. 

Di El Savador tahun 1980 telah terjadi perang saudara antara militer pemerintah yang didukung dan dipersenjatai oleh Amerika versus Gerilyawan pemberontak. Perang pun berkecamuk dan tak dapat dihindari. Dan dikampung dimana Chava tinggal bersama  pun terkena dampaknya. 

Keadaan sangat memprihatinkan, banyak korban yang berjatuhan dari kedua belah pihak. Tragisnya dari pihak pemerintah maupun pemberontak , banyak merektur anak-anak dibawah umur untuk dijadikan tentara untuk ikut berperang. 

Tentara akan masuk ke sekolah dan mencari anak laki-laki yang sudah genap 11 tahun untuk direkrut.

Beberapa teman-teman chava satu persatu diangkutnya. Dan chava sendiri akan menunggu giliran.

Pada suatu ketika, saudara dari ibunya chava datang dan menemui chava. Dia memberitahukan bahwa dalam waktu dekat ini, dikampungnya akan ada perekrutan anak-anak untuk dijadikan tentara . Dan chava pun diperintahkan untuk pergi dan bersembunyi. 

Pada saat hari perekrutan, tentara masuk ke setiap rumah dan mencari anak-anak. Karena informasi itu sudah bocor, anak-anak dikampung tersebut pun bersembunyi di atap rumah. 

Karena kondisi seperti ini akan terus berlanjut, Chava dan ketiga temannya akhirnya pergi dan bergabung dengan pihak gerilyawan.  Saat mereka pergi ke hutan dan bertemu dengan para gerilyawan, ternyata, gerak-gerik mereka sudah diketahui oleh militer pemerintah. Penyergapan pun tak terelakan. Pihak gerilyawan banyak yang mati , Chava dan teman-temannya pun ditawan.

Mereka dibawa kepinggir sungai untuk di eksekusi mati. Satu persatu temannya ditembak kepalanya. Saat giliran Chava akan dieksekusi, pihak gerilyawan datang dan terjadilah pertempuran. Chava dan temannya pun kabur dan kembali ke kampungnya.


Film drama yang mengambil latar belakang perang saudara antara pemerintah dan pemberontak tahun 1980 di El Savador ini memperlihatkan bahwa perang dimana pun kejam dan banyak mengorbankan orang orang yang tak bersalah. 


·         Judul Film: Innocent Voices
·         Genre: Drama – Perang
·         Judul Asli: Voces Inocentes
·         Sutradara: Luis Mandoki
·         Penulis Skenario Luis Mandoki & Oscar Orlando Torres
·         Produser: Lawrence Bender

·         Studio Produksi: Lawrence Bender Productions – MUVI Films – Organización Santo Domingo – Altavista Films, A Band Apart – Santo Domingo Films
·         Distributor: 20th Century Fox
·         Negara: Meksiko
·         Bahasa: Spanyol
·         Durasi: 123 menit
·         Tahun Rilis: 16 September 2004 (Toronto Film Festival)



Lain-Lainnya :



·         3 Ariel Awards in 2005 for Best special effects, make-up and supporting actress
·         A Crystal Heart Award as well as the Audience Choice Award for Dramatic Feature at the 2005 Heartland Film Festival
·         Golden Space Needle award at the Seattle International Film Festival (2005)
·         Stanley Kramer Award  of the Producers Guild of America




Trailer :


0 comments: