9 Aug 2016

11:39 pm
Beberapa bulan belakangan ini saya disibukan dengan persiapan halal bihalal alumni Sma. Dan ternyata itu sudah 17 tahun berlalu. Yang biasa waktunya dihabiskan bersama keluarga, ini harus rela dibagi dengan teman-teman panitia yang setiap sabtu harus mengadakan meeting dan koordinasi untuk membahas acara tersebut.

Entah kenapa , dan saya pun masih bingung , kenapa saya bisa bergabung dengan kepanitiaan halal bihalal ini. Secara dulu saat Sma saya termasuk orang yang tidak gaul ,culun,pendiam dan hanya sedikit teman. 

Semua ini berawal dari sosial media seperti path dan facebook. Disana banyak teman-teman sesama alumni yang saling berinteraksi. Padahal dulu semasa sekolah, kita belum pernah ngobrol dan berinteraksi. 

Gara-gara Om Gege ini saya masuk dalam kepanitiaan. Dan saya ga pernah tahu alasannya apa . Tahu-tahu ditunjuk jadi sie humas bersama 3 orang rekan. Humas atau hubungan masyarakat kerjanya sendiri otomatis akan berhubungan dan berinteraksi dengan orang-orang.  Nah saya sendiri dulu pendiem , ga gaul dan ga dikenal. Bagaimana bisa mengemban tugas berat ini. 

Sama Om Gege sendiri saya belum pernah ngobrol dan berinteraksi secara langsung sebelumnya. Baik dulu di sekolah dan sebelum kepanitiaan ini terbentuk. Baru setelah panitia terbentuk dan diadakan meeting setiap sabtu, kali pertama saya berinteraksi dengan beliau.

Oke, semua struktur kepanitiaan terbentuk dan masing-masing bertanggung jawab dengan tugasnya. 
Langkah awal adalah dengan membuat group Whatsup. Semua orang dari anggota group membantu memanggil alumni-alumni yang berserakan di penjuru dunia untuk bergabung dalam group ini. 

Alhamdulillah hasilnya cukup menggembirakan. Dari total 300 siswa saat Sma dulu, 180 bisa kita jaring dalam group ini. 

Mulailah kangen-kangenan di group. Saling sapa, membuka kenangan-kenangan yang tersimpan , sampai-sampai HP terus menerus mendapat notifikasi dari WA karena inten dan seringnya obrolan di group. Saya lebih banyak sebagai pembaca tanpa ikut berinteraksi karena saya tidak punya cerita saat-saat sma dulu. 

Tanggal dan tempat sudah di tetapkan dan dari sie humas sudah mulai dengan pekerjaannya dengan mensosialisasikan acara nanti di setiap media yang ada seperti Whatsup, Facebook, Path. Ada kejadian sedih saat kita brodcast via WA, salah satunya adalah sepi dan dinginnya para alumni saat menanggapi brodcast . Hanya dibaca dan berlalu begitu saja. Kita kurang tahu, mungkin dengan cara brodcast banyak juga alumni yang tidak mendapatkannya. 

Akhirnya kita menggunakan cara kedua yaitu dengan mengirim chat satu persatu kepada anggota alumni yang ada di contact WA. Total kurang lebih ada 170 orang yang kita chat secara personal. Dan Alhamdulillah dengan chat personal ini, respon dan reaksinya cukup bagus. Meskipun masih ada beberapa orang yang hanya membacanya saja tanpa konfirmasi apakah akan ikut atau tidak.  Hehehe. 

Beberapa minggu kita sosialisasikan acara halal bihalal ini , dan alhamdulillah peserta yang sudah mendaftar sudah terkumpul 100+ peserta. Duh senengnya. 

Pertemuan demi pertemuan pun dilakukan demi mematangkan dan mengkoordinasi susunan acara, games dan lainnya supaya berjalan dengan lancar dan sukses. Kadang ada perbedaan pendapat dan pemikiran dalam setiap pertemuan dan itu lazim dalam sebuah perkumpulan atau organisasi. 
Tapi disitu ternyata yang membuat kita semakin akrab dan bersahabat. Dan momen-momen seperti ini yang mungkin dulu waktu disekolah tidak pernah kita dapatkan .

Saya sendiri pun merasakan hal tersebut. Dari yang dulu disekolah tidak pernah ngobrol , berinteraksi dan tidak mengenal hanya sekedar tahu muka, selama rentan waktu ini semua semakin kenal lebih dekat, becanda dan tertawa sampai ledek ledekan.

Ada kejadian lucu sekaligus sedih saat salah satu panitia yang saya tanya gini " Loe kan dulu disekolah dua tahun satu kelas sama gw" . Lalu dia jawab " Masah sihh!!!!!" . Sakit hati ini mendengar jawabannya seperti itu hahahahahaha.......

Tapi akhirnya semua bisa berkumpul lagi dalam kekeluargaan dan persahabatan.

Hari H pun tiba, para panitia sibuk dengan urusannya masing-masing. Satu persatu tamu undangan datang. Para alumni yang sudah 17 tahun tidak bertemu saling menyapa, saling berpelukan seperti sahabat lama. Semuanya melebur dalam kerinduan putih abu-abu. Bercerita dan bercengkrama tentang masa lalu. Tentang hal-hal konyol yang pernah dilakukan, tentang cinta yang pernah bersemi, tentang semua rasa dan asa yang pernah berhamburan dalam ruangan, di pojokan kantin, dilapangan futsal dan disudut-sudut sekolah kita.

Semua menikmati kehangatan dan kebersamaan dalam sebuah halal bihalal yang penuh kebersamaan ,yang penuh suka cita, yang penuh kerinduan akan masa-masa itu.

17 Tahun tak membuat kita lupa tentang siapa kita, apa warna kita, apa kelas kita dan apa status sosial kita. Karena kita satu, pernah putih abu-abu #Blast From the Past .


Terima kasih buat semuanya. Buat panitia yang berkenan dan sudi mengajak saya bergabung dengan kepanitiaan yang hebat ini (Gege,Linda,Novi,Felly, Wulan,ida, Ina,Rini, Odri,Gilang, Ian,Monos, Iqbal ,Kusumah). Buat teman-teman alumni yang mempercayakan kita selaku panitia, dan sudah rela hadir meskipun jauh di luarkota. Kalian memang luar biasa hebat dan peduli.

Juga buat para donatur seperti Om Yogi dengan Bojek dan Aksimaya   (Install ya appsnya di HP :) , Tante Rikit , Om Iqbal dengan PT KN Trading and engineering nya serta Tante nunik dengan bisnis Kue nya . Tanpa kalian semua acara ini tidak bisa terlaksana.  


Kehangatan, keakraban dan persabatan yang mungkin dulu tidak pernah saya rasakan akhirnya bisa saya rasakan dengan kehadiran kalian, senyum dan pelukan yang hangat kalian, serta tawa canda selama acara tersebut. 

Semoga kebersamaan ini akan terus berlanjut dan berhenti disini saja. Tapi seterusnya dan selamanya sampai dari kita satu persatu pergi .

Akhir kata, mohon maaf untuk hal-hal yang tidak berkenan. 



10 Agustus 2016 

Belajar Hidup untuk Hidup





























0 comments: