15 Apr 2017

10:22 am

Penyaliban , pengorbanan dan kebangkitan Yesus merupakan inti dari keimanan kristen. Siapa yang percaya bahwa Yesus mati disalib untuk menebus dosa-dosa manusia dengan hatinya akan diselamatkan.

Jumat Agung adalah hari jumat sebelum minggu paskah , hari peringatan penyaliban yesus dan wafatnya.
Menurut kepercayaan kristen, yesus disalib dibukit golgota, wafat, lalu dibangkitkan kesurga dan duduk disebelah kanan Allah.

Selain umat kristen, umat Muslim pun mempunyai pandangan tersendiri tentang sosok Yesus ( Isa Almasih) ini. Meskipun ada perbedaan mencolok antara keduanya. Salah satunya adalah tentang sosok Yesus sendiri.

Kita tahu, Isa Almasih (Yesus) dalah salah satu nabi dalam keyakinan umat Islam yang harus diyakini dan dimuliakan . Islam memandang, Yesus sama saja seperti Ibrahim, Nuh, Musa yang menyampaikan risalah Tuhan untuk mengabarkan kepada dunia bahwa sembahlah Tuhan, Allah yang satu.

Berbeda dengan Islam, kristen memandang Yesus sebagai Tuhan yang menjelma menjadi manusia . Dan konsep trinitas Tuhan Bapa, Yesus dan Roh kudus adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan.
Perbedaan yang lain adalah dalam hal penyaliban dan wafatnya Yesus. Islam menyakini bahwa Yesus tidak dibunuh dan disalibkan,hanya diserupakan seperti Isa.

Lain lagi dengan umat yahudi, meskipun Yesus orang Yahudi, kebanyakan Yahudi dengan ajaran Yudaismenya memandang bahwa Yesus salah satu mesiah palsu dari banyaknya mesiah palsu yang muncul.

Yudaisme pun tidak mengakui pengenapan apapun oleh umat kristen kepada yesus. Yudaisme pun melarang penyembahan dalam bentuk berhala , karena kepercyaaan utama dalam Yudaisme adalah satu tuhan yang esa .

Tiga agama Ibrahim memandang sosok Yesus, penyaliban, wafat dan sosok yesus dengan caranya masing-masing . Baik Yahudi, Kristen dan Islam menganggap bahwa kebenaran ada dipihak masing-masing. Dan itu patut dirayakan dengan suka cita oleh penganutnya . Karena kebenaran agama adalah kebenaran absolut buat pemeluknya dan semua bebas mengklaim bahwa agamanya adalah yang benar.

Seperti saya, saya meyakini bahwa agama saya , Islamlah yang paling benar dan bisa membawa saya bertemu kepada Allah sang pencipta alam semesta. Begitupun yang lain .
Perbedaan tak perlu disatukan, rayakan dengan suka cita dan rasa bangga. CMIIW

0 comments: