15 Oct 2017


 Assalamu alaikum, 




Tak terasa sudah 3 bulan berjalan Kayyis sekolah. Banyak perubahan yang terjadi padanya. Sikap,perilaku dan kebiasaan yang berbeda dibanding saat dia belum sekolah. Itu Mengindikasikan bahwa, lingkungan sekolah merubah pola pikir dan perilaku anak. 

Bercerita kepada kami tentang hal yang dilakukan disekolah salah satunya. Dia bercerita bahwa tadi disekolah gurunya menceritakan kisah Nabi. Lalu dia bercerita tentang membuat donat,macam-macam lah. 

Kami sebagai orang tua sebisa mungkin untuk mendengarkan cerita dia. Biasanya Kayyis bercerita saat pulang sekolah sama bundanya. Yang kedua setiap pulang kerja saya yang menanyakan sama dia, " Tadi ngapain aja disekolah?". 

Perubahan bukan dari Kayyisnya saja, tapi saya sendiri jadi ikut mengalami perubahan. Kebiasaann Kayyis sebelum sekolah biasanya selalu minta keliling komplek sebelum saya berangkat kerja. Itu rutin dilakukan, jika dia bangun pagi sebelum saya pergi. Jika dia bangun dan saya sudah pergi, dia biasanya nangis sambil teriak, " Ayah, keliling-keliling" . 

Semenjak sekolah, kebiasaan itu diganti dengan permintaan dia untuk diantar kesekolah sama ayahnya. Dalam seminggu ada 3 hari dia sekolah. Sebisa mungkin saya sempatkan untuk mengantarnya. Berhubung saya kerja di bagian IT, dan waktu bekerjanya flexsible, jadi, waktu tersebut saya sempatkan untuk mengantar anak sekolah. 

Ada hal yang luar biasa setiap saya mengantar anak sekolah. Paling tidak itu menurut apa yang saya rasakan.  Jadi saat sampai didepan gerbang sekolah, dia dan saya turun dari motor, saya pakaikan tasnya, dia cium tangan saya, lalu saya cium dan peluk dia, bu Guru biasanya sudah menunggu di depan gerbang, dia cium tangan bu guru, lalu dia berjalan memasuki sekolah. 

Sekejap saya memandang , saat dia masuk ke dalam sekolah, ada rasa haru dan bahagia  yang mungkin sering orang bilang, " Bahagia itu sederhana". Ini salah satunya. Mengantar anak sekolah. 


Meskipun prosesnya sederhana, tapi efek psikologisnya dasyat. Kebahagiaan yang kita bisa cari dimana saja, kapan saja, dan sesederhana itu prosesnya. 

Semoga waktumu tak sia-sia ya nak digerbang mencari ilmu. Semoga Allah sanggupkan ayah untuk bisa terus mendampingimu dalam mencari semesta ilmuNYA. 

Commuterline Bogor- Depok 16 Okt 2017


"belajar hidup untuk hidup". 
Www.bebeksaurus.com




0 comments: