6 Jul 2018

 
Sebanyak 33 orang terkubur 700 meter di dalam perut bumi. Apa yang ada dibenak kita?. Apakah orang-orang itu sudah mati apa masih hidup?. Dua kemungkinan itu bisa terjadi. 

Prolog di atas adalah kisah nyata yang terjadi tahun 2010 di negara Chili. Kejadian dan kisah tersebut diceritakan kembali dalam sebuah film yang berjudul 33 . 

Film tersebut menceritakan tentang 33 orang penambang emas San Jose yang ada di Chile yang terkubur hidup-hidup selama 69 hari.  

Banyak yang menyangsikan bahwa ke 33 orang tersebut tidak akan bertahan hidup dan akan mati dalam beberapa hari saja. 

Pasalnya, di kedalaman 700 meter yang minim udara, ditambah persediaan makanan yang sedikit, tentu akan menjadi persoalan dan kendala untuk bertahan hidup. 

Tapi, harapan selalu ada. Dan usaha akan membuahkan hasil.  Semuanya itu datang salah satunya dari seorang mentri pertambangan yang bertanggung jawab penuh untuk mengeluarkan ke 33 penambang tersebut, hidup atau mati. 

Dengan daya upaya , keyakinan dan tanggung jawab yang dia pikul sebagai Mentri pertambangan, dia tak mau menyerah dengan keadaan. Karena di sana, di kedalaman 700 meter, ada 33 manusia yang harus diselamatkan. 

Penyelamatan tak mudah dan mengalami banyak kendala. Salah satunya kontur tanah yang tidak stabil yang mungkin bisa menyebabkan tanah kembali longsor. 

Dengan kegigihannya, dan tak kenal putus asa, siang malam pencarian dan pengeboran terus dilakukan. Hingga akhirnya setelah 68 hari menemukan titik terang. 

Mata bor akhirnya menemukan shelter dimana ke 33 penambang itu berada. Dan sehari kemudian 33 penambang itu bisa diselamatkan setelah 69 hari didalam perut bumi. 
 Keberhasila. Penyelamatan tersebut tak lepas dari peran para penambang yang satu sama lain yang saling menyemangati, memberikan harapan hingga kedisiplinan yang diterapkan dalam pembagian bekal makanan yang tersisa. 

Dalam film yang inspiratif ini, banyak hal yang dapat kita petik hikmahnya. Harapan, tak mudah putus asa, tanggung jawab hingga kerjasama yang membuat mereka tetap bertahan hidup dan bisa selamat. 

Peran pemerintah juga tak kalah pentingnya sebagai pelindung dan mempunyai tanggung jawab kepada rakyatnya.  Karena nyawa lebih penting dari sekedar materi dan waktu yang terbuang. 

Busway 6 Juli 2018. 

“ sambil menunggu macet” 



0 comments: