23 Apr 2019

Sedang ramai dibicarakan perihal kesalahan input data dalam rekapitulasi diwebsite situng KPU. Netizen banyak mempermasalahkan terkait seringnya terjadi kesalahan input  dan perbedaan angka antara data yang sudah diinput dengan lampiran C1 yang di lampirkan. 

Protes dan dengungan para netizen di sosial media begitu masifnya. KPU seperti sedang diawasi oleh jutaan mata yang sedang menatap dan memperhatikannya. 

Ngomong-ngomong tentang kesalahan input, saya jadi ingat beberapa tahun lalu. Saat saya pertama kali bekerja. Waktu itu saya melamar sebagai data entry disuatu perusahaan. Dulu nama bekennya sih EDP alias Entry Data Processing. Kerjanya tiap hari memasukan data yg ada lembar fisik aplikasi dan kadang hasil scan juga,lalu diinput kedalam sistem. 

Waktu kerja kami shift-shiftan,7 jam dalam sehari, dan target yang harus kami input kira-kira 140 aplikasi dengan akurasi data yang harus 100% tanpa kesalahan input. Susahnya minta ampun. Karena selain dikejar target,hasil inputan yang kita lakukan harus jauh dari kesalahan input. Reward dan punishment pun diberikan untuk memberikan penghargaan utk yang mencapai target dgn akurasi bagus dan menghukum yang tidak sesuai target dan mempunyai akurasi buruk. Masa-masa yang penuh cerita seru dan banyak hal lucu jika diingat sekarang.

Beberapa minggu lalu, saya bertemu dengan teman-teman seperjuangan dulu waktu menjadi data entry. Salah satu teman kita ada yang meninggal dunia. Kami bertemu saat takziah kerumah duka. 

Setelah bertakziah, kami temu kangen dan berkumpul untuk sekedar mengingat cerita cerita seru dan lucu yang membuat kita tertawa dan seperti terlempar ke masa lalu. Masa-masa yang penuh tantangan dan pembelajaran yang membuat kita berada dititik ini sekarang . Buat Jimmy, semoga Allah ampuni kesalahan Mas Jimmy, buat teman-teman seperjuangan, sukses selalu dimana kaki berpijak. 


Balik lagi tentang kesalahan input, karena seringnya terjadi kesalahan input dan human error, harusnya penyelenggara harus bisa memperbaiki sistem dan manusianya sehingga kedepan tidak terjadi lagi hal hal yang bisa menjadi polemik dimasyarakat ,merugikan salah satu pihak dan menurunkan kridebilitas penyelenggara. 

Foto: Teman teman data entry KBC, EMC dan Gallery serta admi attachment hahaha


24 Apr 2019
Gerbong kereta bogor-angke 





Next
This is the most recent post.
Older Post

0 comments: